Friday 18 May 2012

tahu brontax

duh laper..! hahaha... baru nulis judulnya aja dah langsung laper. keq mana mo nulis nee isi blog. bakalan penuh terisi HCl nee lambuang. hahaha...

ada apa dengan tahu brontax? *keq judul pelem. kebetulan tadi pas pulang dari kampuz, selepas magrib d nurul ilmi, sohib pulang bareng gw idhu bae ngajak beli tahu brontax. bisa di bilang salah satu makanan kesukaannya dia. tiap pulang jarang ga singgah bwt beli sekantong. slalu aja jadi inceran pas pulang. ga percaya..? hari senin bsok nee sehabis magrib silahkan ngetem di t4 jual tahu brontax yg d pasbar. *belum tentu nemu ya. wkwkwk...

nah, gara2 idhu nany tuh tahu brontak, kembali otak ene membongkar2 memory yg ada. karena tahu brontax pny makna tersendiri d fikiran gw. pertama kenal ama yg namany tahu brontax ntu pas smp ntah sma. di simpang balai baru ada yg jual tuh tahu, yg dahuluny jadi langganan ketika pulang les dari steba (les b inggris pak joko, salah satu guru hidupku). tak hanya sampai disitu. kala pembukaan BBM&K farmasi yg saat itu gw jadi koord konsumsi, tahu brontax gw usul in jadi makanan angkatan. hahaha...  usulan jebol.

usut punya usut, gw pny cerita yg masih mengganjal d pikiranku.
1. nee tahu brontax asal ny dari mana sih..? dlu gw nyangka asalny dari jawa, karena yang ngejual tahu brontax slalu berbarengan dengan tahu sumedang.
2. teman2 gw yg dari luar sumbar kebanyakan g taw ama yg namany tahu brontax. si dwi yg jg anggota konsumsi bingung ntu makanan keq apa. di siantar tak ada katany. si idhu pun tak pernah nemu ntu tahu d jambi.
3. seorang bpak yg ngejual tahu brontak di spanjang jalan veteran (waktu taon 2) pernah cerita2 pas gw singgah d lapak tahu brontax ny. katany dia, tahu brontax ntu dia yg bkin resep. katany... dan resepny udah d bagi2 in k orang, hingga terkenal d sumbar. knp ga d patenkan lho pak..?

utk mengobati rasa penasaran gw, mulelah gw mencari info dengan oom pnjelajah gugel. berharap dapat penjelasan ttg asal tahu brontax yg gw makan, eh malah dapet sesuatu yg so different. setelah membaca sana sini, gw pny kesimpulan sendiri.

tahu brontax ternyata sudah ada di pulo jawa, lebih tepatnya daerah yg menyebut ny tahu brontax adalah lumajang. tapi, ntu tahu brontax beda ama yg d jual d padank. tahu brontax yg d sana lebih mirip keaq tahu isi. tahu yang tengah ny d isi dengan berbagai macam sayuran (kol, wortel, toge, dll). konon kabarnya nama tahu brontax sengaja diberikan oleh ibu2 lumajang untuk membuat semangat pemberontakan para bapak2 dsana thd kekuasaan kerajaan (majapahit maopun mataram). smacam pembius pikiran kurang lebih. klo penampakan ny keq gini neeh tahu brontax ny lumajang.




dari sumber laeinny jg menyebutkan, dinamakan brontax karena isi sayuran dalam tahu seolah2 berontak2 pengen keluar. hmmm... iya juga sih. simpang sayur beritany.

nah, yg jadi masalah tahu brontax yg d jual d padank..? apa artiny ntu..?
karena ada perbedaan yang sangat jelas n nyata dengan tahu brontax yg ada d pulo jawa sana. tahu brontax yg sering gw nemu in d kota kecil ene lebih seperti bakwan, tapi memiliki tekstur dan adonan yg berbeda. bakwan jauh lebih crispy n keras teksturny, sedangkan tahu brontax yg biasa djual d sene teksturny lebih lmbut, lbih basah, n lunak. (sadar ga sih, tahu brontax d palanta popoko smpang by pass kampus = bakwan..?)

hasil searching gugle ttg tahu brontax padang.......................... NIHIL...
ew, mengecewakan. tak taw mo cari informasi dmana ttg asal usul yg d padang. tapi, klo boleh usul buat penjual tahu brontax ny padang, keq ny btuh d kasih nama baru ntu tahu. malahan ga butuh, harus malah. *maksa.

gmana ga coba? tahu brontax ny padang ntu isi ny lebih d dominasi ama adonan yg keq bakwan nya. tahu ny aja kadang d isi secuil, 1x1 cm. apalagi sekarang dah banyak yg mengkreasikanny dengan isi yang berbeda. ada tahu brontax isi bakso, isi telor. nah, tahu ny udah d ganti in ama yg laen. trus, apa masih pantas d sebut tahu? *ce ile bahasana.

g taw jg sih. wallahua'lam. mana taw adonan ny jg ada tahu ny dkit.

bsok2 klo gw beli tahu brontax, gw tampilin dah d sene potony.
klo ada info, share dimari jg boleh. ^^

sekian dlo dah, kapan2 d update klo dah dpet source yg valid. :)

2 comments: