Tuesday 29 May 2012

Seni Berbicara (part 1) --> jujur

hey... hey... hey... kembali bersama gw phorensix017... *lebay.
hahaha...

dah lama ga posting, kmaren gagal satu postingan coz dah basi rasany klo d posting skarang. that's so tired yesterday2. ntah knapa, tidok cpet, bangun susah. so tired.

berawal dari kebuntuan bahan postingan, sambil liat2 rak lemari... *eh. ternyata ada sebuah buku yang masih belum d buka bungkusnya. masih tebungkus rapi dan masih ada label hargany. --". parah2.
hahaha... susah bner naikin hobi membaca nee. tapi, kale ene bukan mo share ttg ntu buku, but buku yg dah mayan lama d beli dan sampe sekarang blon terbaca ampe habis. --a, lagi2...

awalny sih jalan2 liat komik waktu ntu k gramed. tapi, karena liat jdul buku nee jadi tertarik untuk membelinya. buku internasional best seller, karya Larry King, "Seni Berbicara". wah, asyik jg keliatanny nee buku.

berbicara, terutama didepan umum atau dengan orang yang baru anda kenal terkadang dan sering menjadi permasalahan yang berat. gugup, canggung, kehabisan bahan bisa membuat arah pembicaraan menjadi kaku, monoton dan tak akan disimak oleh orang lain. bayangkan saja jika qt kenalan dengan seseorang, apakah hanya sampai menanyakan nama, alamat, asal, dan setelah itu qt tak tahu mau bicara ttg apa..? pasti "malangang" jadinya.

memang bicara bisa menjadi permasalahan bagi seseorang. tapi jg bisa menjadi hobi bagi orang lainnya. hobi? mereka yang menjadikan bicara itu hobi adalah bakat alami yang mereka miliki, dan saya tidak memilikinya. itu adalah anggapan yang salah. contoh simpel saja, seorang atlet bisa saja anak2 yg dahulunya telah menunjukkan bakat alaminya dalam satu cabang olahraga. tapi, cina contohnya mereka mampu melatih anak2 mereka yang tidak berbakat dalam bulu tangkis menjadi atlet nomor satu dunia. nah, bicara..? tentu saja bisa.

om Larry punya cerita sendiri ketika si om pertama kali berbicara d hadapan orang banyak. nyaitu ketika dia diterima menjadi seorang penyiar. kepedean ny abis ketika dia masuk dalam ruangan penyiar, ngeliat mic dan lampu on air menyala. suara lagu yang awalny keras, dipelankan, eh keras lagi karena dia kaku tak mampu rasanya berkata2. otomatis si bos langsung naik tang karambia *eh, naik darah* ngeliat tingkah si om. tanpa basa basi "ini bisnis komunikasi tolol". marah besar, n si bos keluar + tutup pintu + tenaga puser, eh super.

klo qm ada d posisi si om, mo keq mana..? keluar nyari si bos n minta ampun..? so pasti qm kehilangan kerja an. tapi si om beda, sebuah pelajaran pertama dari dia klo ingin berbicara d depan umum. "JUJUR". setelah si bos pergi, si om Larry jujur dengan kondisi yg d alaminy barusan. tanpa sungkan dia berkata "selamat pagi pendengar, ini adalah hari pertama saya mengudara. dan beberapa saat yang lalu si bos marah besar karena mulut saya kaku tak maw berbicara".

yah, itu lah yg dilakukan si om. dia jujur dengan kondisi yg baru d alaminya. dan alhasil, kata2 pun mengalir dari mulutny setelah kejujuran yg barusan terjadi. sebuah beban yg bkin dia gugup hilang dan kini dia tak pernah gugup lagi mengudara.

hmmm... itu ceritany om Larry. coba bayangkan! ketika ada kunjungan sekolah ke kampus qm, trus p dekan nyuruh qm kasih sambutan, pengarahan, dan macem2 d depan mereka. sanggup gak..?
mreka masih SMA lho...

klo grogi, coba deh mule dengan "wah, adek2 yg ganteng n cantik bkin uda/uni grogi neeh bicara d depan ene"...
keq ny sih lmayan, lumayan bertambah grogi jadinya...
hahaha...

hmmm... klo satu isi buku nee d tulis d sene, pada bosen ntar mbaca ny ya. jadi, qt mule atu persatu yee...
tunggu postingan slanjutnya, keep reading...
:)

2 comments: